Penggantian MySQL dengan MariaDB di CPanel

Semenjak MySQL menjadi milik Sun Microsystems dan disusul pembelian oleh Oracle, maka sifat MySQL semakin terisolasi. Salah satu parameter, semakin sedikitnya kontribusi dari pihak luar yang disetujui dalam proses pengembangan. Menyikapi situasi ini, dibuatlah MariaDB oleh “orang-orang MySQL” sebagai alternatif database. Tidak hanya soal keterbukaan, MariaDB menjanjikan fitur dan performa yang tak kalah unggul.

Sebab MariaDB ditujukan sebagai solusi atas situasi MySQL, kompabilitas MariaDB sebagai pengganti MySQL pun menjadi cukup tinggi. Replacement database ini dalam lingkungan CPanel juga sangat memungkinkan. Bagaimana caranya?

Overview

Pada tutorial ini, MySQL pada mesin CentOS 6.4 i686 yang sudah terinstall CPanel/WHM 11.40.0 (build 24) akan digantikan dengan MariaDB. Berikut langkah-langkahnya :

1. Membackup MySQL sebagai backup bila terjadi kesalahan.

2. Melepaskan proses update MySQL dari penanganan CPanel yaitu dengan menandainya sebagai “uninstalled

3. Sesudahnya dilanjutkan dengan membuang RPM MySQL.

4. Setelah didapat “clean slate” untuk MariaDB, maka diteruskan dengan menambahkan repositori MariaDB ke dalam sistem. Jenis repositori menyesuaikan OS yang digunakan. Referensi bisa didapat dari https://downloads.mariadb.org/mariadb/repositories/

5. Hapus Php dari line /etc/yum.conf

6. Lanjutkan dengan installasi MariaDB (progress lengkap disertakan)

7. Restart database

8. Jalankan perintah mysql_upgrade, dan sesudahnya restart kembali

9. Kembalikan baris Php di dalam /etc/yum.conf (poin 5 di atas)

10. Lakukan rebuild easyapache/php untuk memastikan semua modul berfungsi normal.

Setelah pergantian MySQL ke MariaDB, seluruh situs yang dihosting dalam account CPanel tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Pun PhpMyAdmin tetap dapat digunakan.

PhpMyAdmin dan MariaDB

PhpMyAdmin dan MariaDB

Semoga bermanfaat!