Upload Santai dengan Yafc dan Screen di Fonera

UNGGAH DATA pada flashdrive di Fonera dapat dilakukan dengan SCP lewat protokol SSH. Namun ini terkendala bila server tujuan adalah shared hosting, yang umumnya hanya menyediakan FTP tanpa SSH. Paduan Yafc dan Screen dapat menjadi solusi. 

Lalu apa yang dimaksud santai? Fonera selalu mencitrakan “router pintar” pada produknya. Upload Youtube, dsb, dapat dilakukan otomatis alias ditinggal pergi. Device yang berdaya listrik rendah cukuplah dibiarkan menyala hingga proses selesai. Workstation dimatikan. Pemilik bisa santai tanpa perlu menunggui perangkatnya. Hal inilah yang semestinya bisa terjadi ketika mengunggah data lewat FTP.

Yafc merupakan FTP client yang dapat berjalan diatas OpenWRT – basis sistem operasi yang digunakan oleh Fonera. Seperti halnya NcFTP, salah satu daya tarik Yafc adalah adanya progress bar saat upload data.

Screen merupakan program yang memungkinkan session tetap berlangsung meskipun koneksi SSH ke Fonera ditutup. Dengan Screen inilah proses upload menjadi santai, tak perlu ditunggu hingga selesai.

Langkah Langkah

1. Akses router melalui SSH. Pastikan memakai firmware development dari Fonera.

2. Memasang Screen. Bila terkendala, dahului dengan update (#opkg update) sebelumnya.

3. Install Yafc sebagai FTP client.

4. Setelah keduanya terpasang, masuk Screen hingga memungkinkan untuk multisession.

5. Ubah folder ke direktori flashdrive Fonera dimana berada data yang akan diupload.

6. Koneksikan Fonera ke FTP Server tujuan memakai Yafc.

7. Sesudah koneksi FTP terbuka, upload file yang dikehendaki.

8. Dengan menekan Ctrl+A dilanjutkan Ctrl+D untuk detatch dari screen session, maka proses upload yang masih berlangsung (belum selesai) bisa “ditinggal pergi”. Bisa dilanjutkan dengan keluar dari SSH dan matikan PC.

9. Untuk mengecek progress dari upload data, bisa menggunakan Screen -r command.

 

Semoga bermanfaat!